Tuesday, February 26, 2013


KHASIAT DAUN SIRIH HIJAU

 

Dengan tradisi nginang, bagi orang Indonesia jaman dulu, sepanjang hidupnya jarang sekali kena sakit gigi. Sebab daun sirih hijau mengandung banyak zat yang mampu membuat gusi sehat dan gigi terlindungi dari plak gigi, kuman, dan penggerusan gigi. Orang tua jaman dulu sampai kakek-nenek pun giginya tetap utuh dan sehat. Lain sekali dengan generasi sekarang. Soalnya anak-anak mereka, tidak mau lagi meneruskan tradisi nginang. Mungkin saja jadi malu, karena dianggap ketinggalan jaman.
Kegiatan nginang yang bisa menyehatkan gusi dan gigi itu, sesungguhnya disebabkan adanya manfaat daun sirih hijau, yang sangat banyak dan beragam. Menjadikan tanaman ini dikenal sebagai tanaman dengan seribu satu khasiat. Sirih atau Piper Betle dengan nama latinnya  Chavica Aurculata Miq merupakan tanaman yang sangat populer dan asli dari Indonesia. Jenis sirih ada beberapa macam, yaitu: Sirih Jawa, Sirih Cengkeh, Sirih Belanda, Sirih Hitam, Sirih Kuning, Sirih Merah dan Sirih Hijau.
Apa saja kandungan zat dalam sirih? Menurut literatur, kandungan daun sirih  sangat banyak. Beberapa kandungan tersebut antara lain: minyak atsiri, fenil propana, estragol, kavicol, hidroksikavicol, kavibetol, caryophyllene, allylpyrokatekol, cyneole, cadinene, tanin, diastase, pati, terpennena, seskuiterpena, dan gula. Semua zat itu, menyebabkan sirih seperti ditakdirkan menjadi tanaman yang dapat menyehatkan manusia, karena kaya manfaat dan kegunaannya.
Inilah khasiat dan kegunaan khusus untuk daun Sirih Hijau:
1.Cairan daun Sirih Hijau, bisa untuk obat semprot hama dan tidak mematikan tanaman. Penyakit dan kutu yang menyerang tanaman bisa sirna.
2.Bisa untuk mengobati gigi dan gusi bengkak. Caranya mudah, kunyah daun Sirih Hijau secukupnya. Atau berkumur dengan rebusan daun sirih ini. Sakit gigi dan gusi bengkak, berangsur-angsur akan hilang.
3.Daun Sirih Hijau, dipercaya bisa untuk mengobati keputihan. Rebus daunnya dengan porsi secukupnya. Bisa diminum, disamping itu airnya untuk membasuh vagina.
4.Bagi mereka yang terkena sariawan, daun Sirih Hijau, bisa dijadikan solusi yang baik. Kunyah daunnya atau kumur dengan rebusannya.
5.Bila secara rutin berkumur dengan rebusan Sirih Hijau, bau mulut tidak sedap pun akan hilang.
6.Sirih Hijau, daunnya juga dipercaya bisa untuk mengobati demam berdarah. Minum rebusan daunnya, bisa mematikan kuman penyebab demam berdarah. Atau oleskan gilingan daun Sirih Hijau ke tubuh, dibalurkan, nyamuk penyebab demam berdarah tidak berani menggigitnya.
7.Meminum air rebusan bisa memperlancar haid yang tidak teratur
8.Bisa untuk mengobati Asma
9.Mengobati radang tenggorokan
10.Air rebusannya dapat digunakan untuk membersihkan mata
11.Dapat menghilangkan bau ketiak
12.Mampu mengobati luka bakar. Caranya ambil daun Sirih Hijau, panaskan supaya layu, lalu tempelkan pada luka bakar.
13.Bila hidung keluar darah terus (mimisan), gulungan daun Sirih Hijau yang disumpalkan di hidung, bisa membuat darah yang keluar pun terhenti. Jadi bisa dijadikan obat mimisan.
14.Menghilangkan gatal-gatal di kulit. Caranya balurkan tumbukan daun Sirih Hijau, ke bagian tubuh yang gatal-gatal, niscaya gatalnya jadi reda atau bahkan hilang sama sekali.
15.Daun Sirih Hijau juga bisa untuk mengobati eksim, atau penyakit kulit lainnya.
16.Tanaman Sirih Hijau, ternyata bisa mengusir semut, nyamuk, lalat dan serangga lain. Di sekitar lokasi tanaman ini, semut dan serangga akan menyingkir.
Yang perlu diingat, dalam menggunakan daun Sirih Hijau untuk pengobatan, dosisnya jangan banyak-banyak. Segala sesuatu kalau terlalu banyak, jelas tidak baik. Ambil maksimal tiga lembar daun yang lebar, untuk direbus, bila mau diminum. Tiga lembar saja sudah cukup ampuh khasiatnya. Kecuali untuk obat semprot hama, dosisnya bisa banyak. Itulah sedikit gambaran manfaat dan khasiat daun Sirih Hijau. Selamat mempraktekkannya Bung.