Saturday, April 6, 2013

KHASIAT BUAH LABU KUNING




Labu kuning banyak sekali kita jumpai ketika menjelang pada bulan Puasa, yang sering kali buahnya diolah menjadi kolak. Padahal banyak sekali manfaatnya yakni dalam bentuk makanan dan obat-obatan.

Untuk khasiatnya:
Dalam laporan risetnya, Kyung-Soo Hahm, Yoonkyung Park dan rekannya mencatat bahwa labu sebenarnya sudah dikenal dalam pengobatan tradisional di beberapa negara. Hasil penelitian dalam kultur sel menunjukkan, salah satu jenis protein memiliki pengaruh yang kuat dalam menghambat pertumbuhan C. albicans, tanpa menimbulkan efek racun. Dari riset yang dipublikasikan The Journal of Agricultural and Food Chemistry ini para peneliti menyimpulkan bahwa protein dalam kulit labu dapat dikembangkan menjadi obat alami untuk mengatasi infeksi jamur pada manusia, selain juga dapat menghambat pertumbuhan beberapa jenis jamur yang menyerang tanaman. Labu kuning yang bagus merupakan satu-satunya buah yang awet/tahan lama, bisa disimpan sampai tiga bulan tanpa ada perubahan yang berarti. Dari riset yang dipublikasikan The Journal of Agricultural and Food Chemistry ini para peneliti menyimpulkan bahwa protein dalam kulit labu dapat dikembangkan menjadi obat alami untuk mengatasi infeksi jamur pada manusia, selain juga dapat menghambat pertumbuhan beberapa jenis jamur yang menyerang tanaman. Labu kuning yang bagus merupakan satu-satunya buah yang awet/tahan lama, bisa disimpan sampai tiga bulan tanpa ada perubahan yang berarti.

Air buahnya sebagai penawar racun dan bijinya dikenal sebagai Semen Cucurbitae yang kaya minyak bisa menjadi obat cacing pita. Dapat pula mencegah penyakit degeneratif seperti diabetes mellitus (kencing manis), arterosklerosis (penyempitan pembuluh darah), jantung koroner, tekanan darah tinggi, bahkan bisa pula mencegah kanker. Bisa untuk penyembuhan radang, pengobatan ginjal, demam, diare, disentri, maag/ asam lambung dan sembelit.

Kandungan gizi labu kuning per 100 g:
1. Kalori 29,00 kal
2. Protein 1,10 g
3. Lemak 0,30 g
4. Hidrat arang 6,60 g
5. Kalsium 45,00 g
6. Fosfor 64,00 g
7. Zat besi 1,40 mg
8. Vitamin A 180,00 Sl
9. Vitamin B1 0,08 mg
10. Vitamin C 52,00 g
11. Air 91,20 g
12. BDD 77,00 %